Wirausaha Muda Tangguh

3 min read

Universitas Riau (UNRI) melaksanakan Grand Launching Program Wirausaha Merdeka Aksi Pemuda (WMK) Batch II UNRI Tahun 2023. Dengan tajuk Entrepreneur, Pilihan Karir Masa Depan: Mengubah Mindset Dari Pencari Kerja Menjadi Penyedia Lapangan Kerja. Royal Asnof Hotel, Rabu (23/8/2023).

Ketua WMK UNRI Julita SE MSi Ak CA menyampaikan selamat bergabung di program wirausaha merdeka, tidak lama lagi akan menjadi dan tumbuh menjadi entrepreneur muda kedepan yang tidak lagi berkarir sebagai employee tetapi employer.

Sesuai amanat Presiden Republik Indonesia dan arahan Mendikbudristek untuk selalu mengembangkan jiwa entrepreneur. Pada kesempatan ini, selaku ketua WMK Aksi Pemuda Universitas Riau Batch II tahun 2023, acara grand launching ini merupakan momen penting dalam perjalanan wirausaha merdeka yaitu sebuah program yang bertujuan untuk memberikan dukungan dan pelatihan kepada mahasiswa di seluruh indonesia dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan, terutama di UNRI pada tahun ini kembali menjadi perguruan tinggi sebagai pelaksana program WMK kedua dari 34 Perguruan Tinggi se Indonesia.

Program ini sejalan dengan visi pemerintah yaitu mendorong terciptanya generasi muda yang kreatif, inovatif, dan siap mengahadapi tantangan global. Pada grand launching ini, kami  merasa terhormat mendapat melihat antusiasme dan semangat dari semua peserta yang hadir.

Acara ini dihadiri dari berbagai pihak yang menjadi semangat dan membuktikan bahwa entrepreneurship telah mendapatkan tempat tersendiri dan menjadi cita-cita bangsa, sehingga acara ini di dukung dunia industri, lembaga pendidikan, dan pemerintah.

Kehadiran pemangku kepentingan pada hari ini menunjukkan komitmen bersama  untuk menunjukkan tujuan mulia kepada wirausaha muda.

Berbagai kegiatan telah dilaksanakan dalam wirausaha muda merdeka aksi pemuda UNRI yang pada minggu ini telah memasuki minggu keempat dimana soft launchingnya telah berlangsung pada 1 Agustus 2023 lalu.

Selanjutnya, Julita menyampaikan, Selama mengikuti WMK peserta akan diberikan pelatihan dan pendampingan untuk mengubah mindset dan mengembangkan ide-ide bisnis yang kompotitif, inovatif, dan berpotensi berdampak positif bagi masyarakata dan perekonomian bangsa

Saat ini, mahasiswa yang hadir sebagai peserta WMK terdiri dari 400 mahasiswa dari sepuluh perguruan tinggi di indonesia. UNRI, UMRI, Universitas muhammadiyah Muara Bungo, Universitas Lancang Kuning, Universitas Islam Indragiri, Universitas Darmawangsa, Universitas Andalas, STMIK Darmapala Riau, STMIK Amik Riau, dan Sekolah Tinggi Ekonomi Riau.

Saat ini didampingi oleh 39 owner UKM yang bekerjasama dengan WMK, 40 dosen pembimbing lapangan, 40 mentor UKM yang siap untuk membimbing para peserta, dan 20 coach untuk mendampingi para peserta.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi Dr Ir Sofyan Husein Siregar MPhil, pada hari ini hadir sebanyak 400 mahasiwa mengikuti wirausaha merdeka UNRI tahun 2023. Melalui kegiatan ini nantinya akan melahirkan jiwa-jiwa muda entrepreneurship khususnya para peserta WMK tahun 2023. Ini menjadi suatu kebanggaan bagi UNRI diberi kesempatan kembali untuk melaksanakan kegiatan WMK tahun kedua, pada tahun lalu kita mendapatkan 1000 peserta.

Tujuan dari kurikulum merdeka bukan sekedar meningkatkan kompetensi  akademik dan non akademik mahasiswa, yang tidak kalah pentingnya dari kurikulum merdeka adalah dicapainya kompetensi dalam aspek kognitif, keterampilan, sikap, serta karakter, dan keterampilan yang berlandaskan nilai-nilai pancasila.

Mahasiswa yang merdeka dalam belajar dengan harapan mampu meningkatkan keahlian mahasiswa kepada masyarakat, kegiatan kemahasiswaan berperan besar dalam mewujudkan kampus merdeka.

Dengan demikian pembinaan kegiatan mahasiswa diarahkan pada pengembangan potensi mahasiswa sehingga menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, trampil, berkopeten, dan berbudaya.

UNRI pada saat ini kembali di percaya sebagai penyelenggara WMK tahun 2023, tentunya amanah ini menjadi penyemangat untuk berusaha mengembangkan program kewirausahaan untuk melahirkan entrepreneur muda yang tangguh.

Program WMK ini akan menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa dalam melaksanakan perjalanan akademik selama mengikuti masa perkuliahan di perguruan tinggi.