UNRI Taja Mitra UNRI Exhibition Day

2 min read

Dalam rangka meningkatkan sinergitas kerja sama dengan mitra, Universitas Riau (UNRI), di bawah koordinasi Badan Pengelola Usaha (BPU) melaksanakan Mitra UNRI Exhibition Day (MUED) 2024. Acara dilangsungkan di Hotel Pangeran Pekanbaru (08/05/2024), dihadiri oleh Mitra yang telah menjalin kerjasama dengan UNRI.

Ketua Panitia MUED, sekaligus Kepala BPU UNRI, Dr. Muhammad Syafii, S.Pd, M.Si melaporkan bahwa MUED 2024 bertujuan untuk meningkatkan sinergitas dengan mitra, memberikan informasi tentang kerja sama yang ada di UNRI, bagaimana konsep kerja sama yang sudah dan yang akan dilakukan oleh UNRI dengan mitranya.

Pada kesempatan itu, Muhammad Syafii juga menyampaikan harapan bahwa kerja sama dengan mitra UNRI juga akan memberikan manfaat kepada masyarakat luas. “dengan adanya MUED 2024 ini, semoga kerja sama dengan mitra dapat tetus ditingkatkan, sehingga berdampak lebih luas kepada masyarakat, khususnya di provinsi Riau” Ucapnya.

Rektor UNRI, Prof. Dr. Sri Indarti, SE., M.Si., dalam sambutannya menyampaikan arti penting MUED bagi UNRI. “MUED tahun 2024 merupakan langkah penting membangun kolaborasi dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia” Ucap Rektor.

Lebih lanjut rektor menjelaskan bahwa kerja sama dengan mitra akan meningkatkan peluang pengembangan riset, peningkatan kualitas produk dan jasa, serta menyediakan program magang untuk mahasiswa. “Semoga sinergi ini akan terus berkelanjutan”ungkap Rektor.

MUED 2024 menghadirkan narasumber Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, Dr. Ir. Dadan Kusdiana, M.Sc. Topik yang diangkat adalah Potensi Energi Baru dan Terbarukan (EBT) untuk mendorong pengembangan model bisnis yang baru.

Dalam paparannya, Dadan menghimbau kampus mengawali penerapan pemanfaatan elektrifikasi, konversi dari energi BBM ke energi listrik. “Karena listrik dari sisi emisi, jauh lebih rendah dibandingkan dengan energi BBM”ungkap Dadan.

Dadan juga menyampaikan salah satu program di Kementerian ESDM yang diperuntukan bagi mahasiswa, yaitu Program GERILYA yang menyediakan ruang bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman dalam mengetahui dunia profesi dan menciptakan tenaga kerja yang professional khususnya di bidang industri energi terbarukan. GERILYA ditujukan bagi mahasiswa eksakta minimal semester-6 untuk mengikuti studi independen yang setara dengan 10-20 SKS (tergantung persetujuan Universitas).

Masih dalam rangkaian MUED 2024, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi, Dr. Ir. Sofyan Husein Siregar, M.Phil, memaparkan materi tentang Kerja Sama yang ada di UNRI, seperti proses yang bisa dilakukan untuk menjalin kerjasama,  dan potensi kerjasama yang bisa dijajaki oleh UNRI dan Mitra. “dengan adanya MUED 2024 ini, harapannya akan meningkatkan jumlah kerja sama UNRI dan mitra”papar Sofyan.

MUED 2024 dimeriahkan juga oleh pembukaan stand pameran dari setiap fakultas di lingkungan UNRI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *